Senin, 12 Oktober 2015

Posted by Unknown On 07.31
PERILAKU KONSUMEN

Sangat penting untuk para pelaku ekonomi dalam hal menyikapi perilaku konsumen. Pelaku ekonomi harus menyadari bahwa peran konsumen tidak selalu bertindak atau bersikap seperti yang kita inginkan. Dalam mempelajari perilaku konsumen para pelaku ekonomi memungkinkan untuk memahami dan meramalkan perilaku konsumen dipasar. Tidak hanya itu, terdapat faktor-faktor yang dapat menyumbang minat para konsumen untuk membeli produk atau jasa yang diinginkan.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi konsumen (bersifat internal) ialah seperti, motivasi, persepsi, pembentukan sikap, dan integrasi. Pada saat konsumen sudah memiliki motivasi atau maksudnya disini ialah dorongan, dorongan yang ada didalam diri manusia untuk mencapai tujuan tertentu, kemudian persepsi, persepsi merupakan hasil dari pemaknaan seseorang terhadap stimulus dan kejadian yang dialami berdasarkan informasi dan pengalamannya terhadap rangsangannya tersebut, lalu yang ketiga ialah pembentukan sikap, pembentukan sikap disini merupakan penilaian yang ada dalam diri seseorang yang menggambarkan suka atau tidak suka akan sesuatu hal, dan yang ke-empat yaitu integrasi, maksudnya ialah menyatukan antara sikap dan tindakan, perasaan untuk membeli atau tidak terhadap barang atau jasa yang di inginkannya.


Dengan dapat memahami atau mengerti akan sikap kemauan konsumen, setidaknya para pelaku ekonomi dapat terbantu dengan memahami perilaku-perilaku tersebut. Peran konsumen disini dalam dunia ekonomi sangatlah berperan, tanpa adanya konsumen maka tidak akan ada terjadinya suatu transaksi jual beli, memang sudah menjadi pasangan yang sangat erat antara penjual dengan pembeli ataupun konsumen. Tingkat kebutuhan yang semakin tinggi akan sangat membantu produsen untuk memenuhi keinginan konsumen demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

0 komentar:

Posting Komentar