Kamis, 27 November 2014

Posted by Unknown On 04.59
Dalam penulisan kali ini, saya terinspirasi oleh sebuah vidio tutorial yang saya lihat di youtube, yaitu Photo Wood, yang berarti sebuah foto kayu. Foto kayu disini ialah sebuah cetakan foto yang kita cetak, kemudian hasil foto tersebut, gambarnya akan menempel di papan kayu tersebut. Ini adalah sebuah kreativitas yang menurut saya sangatlah bernnilai bagus, dan apabila dikembangkan untuk sebuah usaha, dapat menghasilkan penhasilan yang lumayan.

Setelah saya melihat vidio tutorial ini, saya berfikir akan membuat photo wood tersebut untuk saya berikan kepada seseorang nanti. Disini saya akan memberitau bagaimana cara membuat photo wood tersebut.

Peralatan yang harus disiapkan :

1. Kertas HVS 1-3 lembar
2. Mod Podge (sebuah lem khusus untuk lem kayu)
3. Kuas kecil
4. Lap
5. Mangkok
6. Papan kayu yang sudah dibentuk dengan ukuran kertas HVS

Langkah-langkah cara pembuatan :

1. Selanjutnya ialah persiapkan sebuah gambar atau foto yang akan kita cetak, kemudian print lah gambar atau foto tersebut.

2. Letakkan papan kayu yang telah kita siapkan diatas meja atau ditempat yang anda sukai untuk mengerjakannya, lalu Anda lapisi papan kayu tersebut dengan mod podge keseluruh bagian papan kayu tersebut dengan kuas.

3. Jika sudah dilapisi semua ruang papan kayu tersebut dengan mod podge, kenudian Anda tempelkan gambar atau foto yang telah di print tersebut dengan posisi gambar berada disisi ruang papan kayu yang sudah terkena mod podge. dan sisi putih atau belakang gambar berada di atas sisi papan kayu. letakkan secara rapih dan hati-hati.

4. Setelah itu Anda tunggu atau diamkan selama 1 malam.

5. Setelah di didiamkan selama 1 malam, letakkan kemabli papan kayu tersebut, dan ambil lah sebuah lap, kemudian basahi di sebuah mangkok yang sudah terisi dengan air. Jika sudah, tempelkan lap basah tersebut secara merata di bagian gambar atau foto yang telah ditempel hingga terlihat basah.

6. Kemudian Anda gosok kertas HVS tersebut yang sudah basah itu hinngga terkelupas kertasnya yang ada di papan kayu tersebut hingga bersih dan tidak terlihat lagi kertas yang menempel. Maka selasai sudah photo wood yang telah Anda buat, dan hasiknya bisa Anda lihat sendiri.


Berikut ini ialah hasil-hasil gambar foto yang telah dibuat dan dicetak ke kayu :






Berikut ialah Link vidio tutorial photo wood :

https://www.youtube.com/watch?v=gDZY8Pqcj7E

Semoga bermanfaat. Terimakasih.

32 komentar:

  1. itu modpodgenya harus jenis itu ya?? trus fotonya di print di hvs gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mod podge jenis lem dengan banyak fungsi dan variasinya, biasanya untuk handcraft
      saya sendiri biasa lebi modpode disini www.bukalapak.com/senikreatif

      Hapus
  2. permisi gan mau tanya
    lemnya harus lem itu ta? apa ada alternatif lain, karena susah mencari lem jenis itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pake lem fox kok. mod podge memang susah dicari, di indonesia ngga biasa pakai itu soalnya.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Serius bisa pake lem fox? Udah pernah nyoba? Waah syukur deh kalo bisa hehe gak perlu susah karna gak ada mod podge

      Hapus
    4. Tp saya coba pake foxs itu selalu terkelupas gambarnya

      Hapus
  3. Itu printernya pake printer apa ya ka ?

    BalasHapus
  4. Sy punya formula yg lebih bagus.lebih baik dan lebih murah klo minat bs contac 085317182333 BB 5A5483F5

    BalasHapus
  5. Saya mau bertanya, saya sudah mencoba membuat photo wood dengan mod podge matte-mat-mate, akan tetapi setelah kertas dibasahi dan digosok, gambar tidak menempel dipapan. Apakah itu masalah dari printernya sendiri atau bagaimana? Trus apabila dari printer, saya memakai pri ter inkjet. Apakah itu berpengaruh? Mohon jawabannya. Terimakasih.

    BalasHapus
  6. lebih baik nya gambar di print menggunakan laser jet ( tinta bubuk ) saat menempel kan gambar apakah sudah yakin benar prosesnya ? saya sendiri berhasil kok pakai mod pod matte ,

    BalasHapus
  7. modpodge nya jenis apa ya? yg mod pod matte brushstroke atau mod pod matte biasa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk modpodge skr mudah didapat kok saya biasa beli disini www.bukalapak.com/senikreatif

      Hapus
  8. lebih bagus pakai papan kayu yang seperti apa ya?

    BalasHapus
  9. lebih bagus pakai papan kayu yang seperti apa ya?

    BalasHapus
  10. Nempelin ke kayunya di balik ya gan .yang ada gambarnya di bawah yg kosonh diatas..
    trus fotonya diprint di krts HVS bkn krts untk foto

    BalasHapus
  11. Nempelin ke kayunya di balik ya gan .yang ada gambarnya di bawah yg kosonh diatas..
    trus fotonya diprint di krts HVS bkn krts untk foto

    BalasHapus
  12. Punya saya sdh persis spt tutorial diatas, tp msh terkendala saat pengelupasan kertas hvs nya biar benar-benar bersih, krn sdh saya ulangi 3x lap, masih ada sisa2 kertasnya, malah yg ada kalau lap nya terlalu basah, tintanya ikut terkelupas, bantu solusinya donk....

    BalasHapus
  13. Keren nih pengen nyoba tapi mode podgenya kagak ada hehehehe

    BalasHapus
  14. Pake lem kayu biasa juga bisa. Hati2 dalam penggosokannya. Pelan2

    BalasHapus
  15. untuk kertasnya harus pakai kertas foto atau hvs biasa ya gan?
    kalau pakai hvs biasa apakah harus pakai print laser?

    BalasHapus
    Balasan
    1. HVS biasa aja dlu gan. Hati2 dalam penggosokannya, pelan2. Jangan terlalu di tekan

      Hapus
    2. HVS biasa aja dlu gan. Hati2 dalam penggosokannya, pelan2. Jangan terlalu di tekan

      Hapus
  16. Saat penggosokan pakai tangan atau lap kain om?

    BalasHapus
  17. Kalo pake lem kayu yg kiloan wrna putih itu gmna??

    BalasHapus
  18. Kalo misal pake foto yg dicetak printer khusus foto gimana ya? Saya nyoba pake foto itu pas saya ngelupas kertasnya susah. Dan fotonya juga ga terlihat jelas juga fotonya gampang lepas dari kayu. Apa saya kurang lama ngeringinnya? Yg saya coba itu belum 24 jam si

    BalasHapus
  19. kalo make lem rajawali bisa gak kak

    BalasHapus