Minggu, 30 November 2014

Posted by Unknown On 08.54
Bismillahirrahmanirrahiim,
Dalam penulisan kali ini saya ingin menjelaskan sebuah hadits dari Rasulullah SAW, mengenai amalan yang tidak terputus pahalanya ketika seorang manusia telah tiada. Di dalam akhirat kelak, ketika seorang telah masuk kedalam dunia tersebut hanya ada 3 amalan yang dapat membantunya atau mengurangi siksaannya di akhirat. Didalam hadits dikatakan :

عن أبي هريرة رضى الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : إذا مات ابن آدم انقطع عمله إلا من ثلاث: صدقة جارية أو علم ينتفع يه أو ولد صالح يدعو له 

Artinya :

Dari Abu Hurairah r.a berkata, Rasulullah SAW telah bersabda : "Jika anak Adam meninggal, maka amalnya terputus, kecuali dari tiga perkara, sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang berdoa kepadanya". (Hr. Muslim) 

Allah SWT telah menjanjikan pahala kepada ummatnya bagi yang senantiasa beriman dan bertaqwa kepada-Nya. Segala amalan kita didunia akan terputus apabila kita sudah menghadapi dengan yang namanya kematian, namun terdapat 3 amalan yang masih diterima Allah sebagai pahala kita di akhirat kelak, meskipun kita sudah tiada lagi di dunia ini. 

Amalan tersebut ialah :
1. Amal jariah
2. Ilmu yang bermanfaat
3. Anak sholeh yang mendoakan orangtuanya


Disini telah jelas Allah SWT menunjukan kepada kita betapa tingginya nilai rahmat dan kasih sayang Allah SWT terhadap hambanya. yang memberikan kesempatan untuk memperolehi pahala meskipun kita berada di alam barzakh.

1. Amal Jariah

Amal jariah menurut bahasa yang berarti amalan yang baik. Amalan jariah merupakan amalan yang terpuji di sisi Allah, contohnya seperti memberikan bantuan berupa materi maupun non materi untuk pembangunan masjid, sekolah, Buku yang bermanfaat dan lain sebagainya.
Dari riwayat Ibnu Majah, Rasulullah SAW bersabda :

" Sesungguhnya amal dan kebaikan yang terus mengiringi seseorang ketika meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat, anak yang dididik agar menjadi orang sholeh, mewakafkan Alquran, masjid, membangun tempat penginapan bagi para musafir, membuat irigasi, dan bersedekah". (Hr. Ibnu Majah)

Berikut ini ialah fadhilah-fadhilah bagi orang yang beramal jariyah berbentuk sedekah ialah :
1. Merupakan jalan pintu kebaikan dan menutup pintu kejahatan
2. Ikhlas bersedekah dapat meringankan kesusahan seseorang
3. Harta orang yang bersedekah tidak akan berkurang, justru akan bertambah
4. Dengan bersedekah dapat terhindar dari kesialan dan juga umur panjang
5. Merahasiakan sedekah meredamkan kemurkaan Allah disaat sedekah secara terang-terangan pendinding api neraka

Dari fadhilah itu maka amalan tersebut membuat pahala seseorang akan terus mangalir karena senantiasa bermanfaat bagi maslahat ummat. Maka tidak rugilah amalan tersebut apabila kita kerjakan justru memberikan syafaat bagi kita di hari akhir kelak. Seperti pada firman Allah SWT dalam surat Albaqarah ayat 262.

2. Ilmu Yang Bermanfaat

Rasulullah SAW bersabda :

" Barang siapa yang menuntut ilmu dijalan Allah, maka Allah mudahkan jalan baginya menuju surga" (Hr. Muslim)

Subhanallah, sangatlah nikmat bagi orang yang menuntut ilmu, Allah akan permudahkan jalannya menuju surga, dan orang yang sedang menuntut ilmu jika ajal sudah menjemput bagi mereka yang menuntut ilmu, maka mereka termasuk orang yang mati syahid dijalan Allah.

Seseorang yang menuntut ilmu, dan sudah memiliki dan mempelajari ilmu tersebut, maka sewajarnya orang tersebut harus mengamalkan atau mengajarkannya kembali ilmu tersebut yang telah dipelajari kepada orang-orang, agar ilmu tersebut bisa bermanfaat bagi maslahat ummat dan dapat mengaplikasikannya dikehidupan sehari-hari. Maka selama orang tersebut mengaplikasikan ilmu yang sudah diberi oleh yang pengajarnya, maka selama itu orang yang mengajarkannya mendapatkan pahala terus menurus tidak putus di akhirat kelak.

Dan apabila seseorang ditanyakan mengenai suatu ilmu, lalu ia tidak menjawab dan berpura-pura tidak tahu, padahal ia mengetahuinya, maka ganjaran bagi orang yg pelit akan ilmu ialah dikekang dari api neraka pada hari kiamat. Seperti didalam hadits Rasulullah SAW :

" Barang siapa yang ditanya tentang suatu ilmu, lalu dia menyembunyikannya akan di ikat mulutnya dengan kekang dari api neraka pada hari kiamat."

3. Doa anak yang sholeh

Doa anak yang sholeh merupakan suatu amalan yang wajib bagi seorang anak untuk selalu mendoakan kedua orangtuanya, baik yang telah tiada dan masih ada. Ini cermin dimana seorang orangtua dapat mendidik anaknya dengan baik atau tidak? jika baik, pasti anak tersebut akan selalu mendoakan kedua orangtuanya, jika tidak maka anak tersebut tidak akan perduli terhadap kedua orangtuanya. 

Itulah 3 amalan yang akan dapat membantu kita dan menngurangi beban siksaan kita nanti di akhirat kelak.

Semoga dapat bermanfaat.

Penulis : Junior Albariy 

0 komentar:

Posting Komentar